Total Pageviews

Friday 26 September 2014

STROKE

Setiap tahun, sekitar 700.000 orang di Amerika Serikat memiliki infark serebral dan sekitar 160.000 meninggal karena stroke. Penyakit serebrovaskular adalah penyebab paling umum ketiga penyebab kematian pada orang dewasa dan merupakan salah satu dari banyak penyebab disfungsi neurologis. Di dunia ini pasti tidak ada yang mau mengalami stroke. Penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan separuh tubuh atau bahkan dapat menyebabkan kematian bagi mereka yang mengalami serangan akut yang tidak segera ditangani. 

Jika anggota keluarga mengalami gejala stroke seperti mati rasa tiba-tiba atau kelemahan wajah, lengan atau kaki (terutama pada satu sisi tubuh), ada bagian tubuh tiba-tiba sangat berat untuk dipindahkan dan semakin sulit atau bahkan tidak bisa bergerak sama sekali, atau setengah / wajahnya tiba-tiba tertarik ke dalam. Kemudian segera dibawa ke rumah sakit untuk ditangani. Para pasien lagi menerima perawatan medis, kelumpuhan akan lebih menyebar dan berat, bahkan dapat menyebabkan kematian. 

Apa itu Stroke? 
Stroke adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak tiba-tiba menyebabkan kerusakan saraf. Stroke termasuk penyakit serebrovaskuler (pembuluh darah otak) yang ditandai dengan kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Penurunan aliran darah dan oksigen dapat disebabkan oleh penyumbatan, penyempitan, atau pendarahan.

Jenis Stroke 
Stroke dibagi menjadi 2 jenis, yaitu: 
1. Stroke Iskemik 
Penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah ke otak sebagian atau sepenuhnya terhenti. 80% dari stroke iskemik stroke. Stroke iskemik dibagi menjadi 3 jenis, yaitu: 
  1. Stroke trombotik: proses pembentukan trombus yang membuat penggumpalan 
  2. Stroke embolik: penutupan arteri oleh bekuan darah 
  3. Hipoperfusion sistemik: berkurangnya aliran darah ke seluruh bagian tubuh karena adanya gangguan denyut jantung. 

                                                                
2.  Hemoragik Stroke 
Stroke hemoragik adalah stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak. Hampir 70% kasus stroke hemoragik terjadi pada penderita hipertensi. 
Ada dua jenis stroke hemoragik: 
  1. Intraserebral perdarahan: pendarahan yang terjadi pada jaringan otak 
  2. Subarachnoid hemorrhage: pendarahan yang terjadi pada ruang subarachnoid (ruang sempit antara permukaan otak dan lapisan jaringan yang menutupi otak) 


Siapa yang berisiko stroke? 
  1. Umur : di atas usia 55 tahun, kejadian meningkat dua kali lipat 
  2. Hipertensi : ada hubungan langsung antara tekanan darah tinggi dan risiko stroke  
  3. Jenis kelamin : pria 19% lebih tinggi dari wanita  
  4. TIA (transient ischemic attack) : 60% dari stroke iskemik didahului oleh TIA, jika TIA lebih sering terjadi, risiko stroke lebih besar. 
  5. Penyakit kardiovaskular (penyakit arteri koroner, gagal jantung kongestif, hipertrofi ventrikel kiri, fibrilasi atrium, penyakit jantung kongestif) 
  6. Kolesterol Tinggi 
  7. Obesitas 
  8. Tinggi kadar hematokrit : darah yang cepat mengental sehingga aliran darah lambat, dan membentuk presipitates/endapan.
  9. Diabetes : hiperglikemia dan darah yang kental dapat membentuk presipitates/endapan pada pembuluh darah (trombus), sehingga dpt mengakibatkan terjadinya Stroke 
  10. Kontrasepsi oral + hipertensi, usia> 35 tahun, merokok, kadar estrogen yang tinggi 
  11. Merokok 
  12. Penyalahgunaan Obat 
  13. Konsumsi Alkohol 


Bagaimana Stroke dapat terjadi? 
  1. Hemorrhagic stroke disebabkan oleh peningkatan akut tekanan darah atau penyakit lain yang menyebabkan pembuluh darah lemah (hipertensi yang menyebabkan perdarahan intraserebral dan ruptur aneurisma mobile). 
  2. Stroke Iskemik disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah akibat emboli, aterosklerosis, atau oklusi trombotik pada pembuluh darah otak. 


Apa saja gejalanya? 
  1. Kelumpuhan pada salah satu sisi tubuh (hemiparese atau hemiplegia) 
  2. Lumpuh pada salah satu sisi wajah "Bell Palsy" 
  3. Otot lemah atau kaku 
  4. Penurunan atau hilangnya rasa 
  5. Gangguan penglihatan  "Homonimus hemianopsia" 
  6. Gangguan Bahasa (disartria: kesulitan dalam membentuk kata; afhasia atau disfasia: bicara defeksif / loss bicara) 
  7. Persepsi Gangguan 
  8. Gangguan status mental 


Apa saja komplikasi yang dapat terjadi? 
  1. Kejang pada pasien dengan pasca stroke sekitar 4-8% 
  2. Trombosis vena sekitar 11-75% dan emboli paru sekitar 3-10% 
  3. Perdarahan gastrointestinal sekitar 1-3% 
  4. Tekanan luka 
  5. Pneumonia 
  6. Stres 
  7. Bekuan darah 
  8. Nyeri bahu dan subluksasi 


Bagaimana Prognosis? 
  • Indikator prognosis adalah: jenis dan tingkat serangan, usia onset, dan tingkat kesadaran 
  • Hanya sepertiga dari pasien dapat sembuh setelah stroke iskemik, sepertiga pasien fatal, dan satu lainnya menderita cacat jangka panjang ketiga 
  • Jika pasien menerima pengobatan dengan peran yang tepat dalam jangka waktu 3 jam setelah serangan itu, 33% dari yang dapat sembuh dalam waktu 3 bulan. 
  • Prognosis pasien dengan stroke hemoragik tergantung pada ukuran hematoma, jika> 3 cm umumnya imortality besar, hematoma besar biasanya mematikan 
  • Jika infark terjadi di sumsum tulang belakang, prognosis bervariasi tergantung pada tingkat keparahan gangguan neurologis, jika kontrol motorik dan sensasi nyeri terganggu, prognosis buruk. 


Bagaimana diagnosis? 
Untuk mengetahui apa jenis Stroke yang menderita oleh pasien, itu harus menggunakan CT scan (computed tomography scan) dan MRI (Magnetic Resonance Imaging) untuk menunjukkan diagnosis hematoma, infark atau perdarahan. EEG dapat membantu dalam menentukan lokasi.

No comments:

Post a Comment

comment nya jangan lupa yaaaaa...;-)

Contact Form

Name

Email *

Message *