Total Pageviews

Saturday, 10 September 2011

Review : Di Bawah Lindungan Ka’bah


Film ini di angkat dari sebuah novel karya Buya Hamka. Seperti diketahui, Buya Hamka adalah orang minang, Sumatra Barat. Ini lah yang melatarbelakangi novel ini. Cerita novel ini berlatarbelakang budaya minang yang kental dengan syariat Islam dan adat istiadat minang. Novel ini sukses di angkat ke layar lebar oleh Sutradara Hanny Saputra. Awalnya saya melihat film ini sedikit membosankan dan agak lebay mungkin, terutama pada adegan saat Hamid (Herjunot Ali) dan Zainab (Laudya Cynthia Bella) saling meraba dinding dan ketawa-ketiwi gak jelas. Tapi itu semua hanya awalnya saja. Menjelang pertengahan film, jalan cerita mulai bisa ditebak dan klimaks pun mulai nampak. Adegan dimana Hamid menolong Zainab yang tenggelam di sungai dan memberikan pertolongan dengan napas buatan tentu sangat mengejutkan untuk suatu cerita yang berseting 1920-an apalagi di daerah Sumatra Barat yang sangat menjunjung tinggi agama dan adat istiadat.


Klimaksnya, Hamid sang penolong harus menerima sanksi yaitu diusir dari kampungnya. Di sini ibu Hamid begitu terpukul melihat anak satu-satunya diberi hukuman yang begitu berat. Pada adegan ini, kualitas Jenny Rachman sebagai aktris berkualitas sangatlah hebat. Hal ini tak lepas dari arahan sang Sutradara yang berhasil menghasilkan chemistry yang baik antara Hamid dan ibunya (Jenny Rachman). Peran sebagai ibu Hamid yang mengindikasikan bahwa memang kasih ibu sepanjang zaman, tak kan pudar oleh apapun dan akan selalu mendukung sang anak sampai akhir hayatnya. Adegan antara Hamid dan Ibunyanlah yang benar-benar membuat saya terharu sampai sanya menangis terisak-isak.

Jika dibandingkan dengan adegan antara Hamid dan ibunya, adegan Hamid dengan Zainab malah kurang greget. Sebagai pasangan di film ini, mereka kurang memiliki chemistry yang berhasil membuat saya terperangah. Mungkin dalam hal ini adegan –adegan romantisnya kurang banyak dan kurang Gregeeeet. Padahal klo dilihat Hamid (Herjunot Ali) dan Zainab (Laudya Cintia Bella) diperankan oleh aktor dan aktris yang ganteng dan cantik.

Film ini berhasil manghasilkan konflik batin yang benar-benar membuat saya meneteskan air mata,  dimana agama, keyakinan, norma dan adat istiadat saling berseteru  mencari tempatnya masing-masing.

Jenis Film :
- Drama/religi

Pemain :
- Herjunot Ali, Laudya Cynthia Bella, Niken Anjani, Tara Budiman, Hj. Jenny Rachman, Widyawati, Didi Petet, Leroy Osmani

Produksi :
- Md Pictures

Sutradara :
- Hanny R Saputra

Produser :
- Dhamoo Punjabi, Manoj Punjabi


sumber utama : 21cineplep.com

sumber tambahan : sinopsis-box-office.blogspot.com

Contact Form

Name

Email *

Message *