Total Pageviews

Tuesday, 9 September 2014

Makanan yang baik di konsumsi ketika mengalami diare

Ketika mengalami diare, ada beberapa makanan yang bisa memperburuk gejala yang ada. Serangan mencret menjadi lebih sering, adanya rasa mual dan muntah yang berpotensi menyebabkan kekurangan cairan. Ini sebaiknya dihindari.

Selain ada makanan yang bisa memperburuk gejala diare adapula makanan yang dapat membantu memulihkan keadaan, mengurangi serangan dan mencegah keadaan agar tidak semakin memburuk.Berdasarkan penelitian Peter Higgins, seorang professor penyakit dalam di the University of Michigan, beliau membagi tips-nya mengenai makanan. Kata beliau, pada hari pertama terserang diare, kita sebaiknya tidak neko-neko dalam hal makan.

Kita dianjurkan memilih makanan yang sederhana dan mudah dicerna. Makanan ini sebaiknya cenderung tawar tanpa bumbu berlebihan. Tidak berlemak, tidak pedas dan tidak kecut, contoh : nasi, roti panggang tanpa olesan mentega dan keju, kentang rebus, biskuit gabin tawar/ asin, ayam panggang atau ayam kukus tanpa kulit dan lemak.

Hampir semua buah-buahan dianjurkan untuk dihindari, yang dianjurkan adalah saus apel (dibuat dengan cara merebus apel sampai lunak lalu diblender) dan pisang

Pisang kaya akan kandungan kalium. Zat ini sangat banyak terbuang saat muntah dan berak. Hasil penelitian menunjukkan pisang bisa mengganti zat yang hilang tersebut. Pisang juga sangat banyak mengandung zat bernama Pectin. Pektin adalah serat yang dapat membantu tubuh menyerap cairan jahat dari dalam usus dan mengeluarkannya bersama kotoran. Satu lagi, satu zat bernama inulin juga terkandung dalam pisang. Zat ini mampu membantu menghidupkan bakteri baik dalam usus yang dapat melawan kehadiran bakteri jahat penyebab diare.

Bakteri baik atau proboitik ini menurut beberapa penelitian dapat memperpendek serangan diare. Selain pisang, probiotik juga banyak terkandung dalam yogurt.

Contact Form

Name

Email *

Message *