Total Pageviews

Sunday, 15 January 2012

Kepemimpinan (Leadership)

adalah KEMAMPUAN UNTUK MEMPENGARUHI /MENGGERAKKAN,MEMOTIVASI, ORANG LAIN MELAKUKAN SEUATU UNTUK MENCAPAI TUJUAN ORGANISASI.

KEMAMPUAN UTK BERINISIATIF MENYELESAIKAN MASALAH,MENGINSPIRASI,MEMICU TERJADINYA PERUBAHAN.
KEMAMPUAN UTK MENGARAHKAN ATAU MENGENDALIKAN KEGIATAN KELOMPOK ATAU ORGANISASINYA.
KEMAMPUAN MENGAMBIL KEPUTUSAN.
KETIKA KEBERADAANNYA MAMPU MENDORONG PERUBAHAN DALAM ORGANISASI ATAU KELOMPOKNYA, PADA SAAT ITULAH SESEORANG LAHIR JADI PEMIMPIN.
Pemimpin, menggerakkan orang lain untuk mencapai suatu tujuan dengan kharisma yang di punyainya.
KEPEMIMPINAN TIDAK SELALU IDENTIK DENGAN PANGKAT DAN JABATAN.
KEPEMIMPINAN MUNCUL DARI DALAM DIRI SESEORANG, YANG MERUPAKAN HASIL DARI PROSES PANJANG PERUBAHAN KARAKTER ATAU TRANSFORMASI INTERNAL DALAM DIRI SESEORANG.
Video tentang Kepemimpinan yang saya dapatkan berjudul “Team Work”. Menceritakan tentang seorang anak kecil yang berani untuk menyingkirkan sebuah pohon besar yang tumbang  menghalangi jalan raya yang dilewati bus yang sedang dinaikinya. Pohon tersebut menyebabkan kemacetan dan tidak ada seorang pun yang  mau menyingkirkan pahon tumbang tersebut agar lalu lintas dapat lancar kembali.
Dari Video ini didapatkan bahwa sikap kepemimpinan tidak hanya dimiliki oleh orang yang sudah dewasa, bahkan anak kecil pun dapat mempengaruhi dan menggerakkan orang banyak disekitarnya untuk ikut membantu dia mengangkat batang pohon yang tumbang tersebut.
Video Team Work



Ada beberapa nilai-nilai kepemimpinan yang bisa diambil dari video tersebut, diantaranya :
Inisiatif
Keberanian
Rela berkorban
Berusaha keras
Pantang Menyerah
Sungguh-sungguh
Kerjasama
            Sabar

Inisiatif
Untuk merubah suatu keadaan diperlukan suatu Inisiatif. Kita perlu merubah keadaan yang jika terus dibiarkan hanya akan menghambat aktivitas kita dan tentunya juga menghambat kamajuan bagi diri kita dan juga orang lain.
 
Keberanian
Dalam melakukan suatu hal di perlukan keberanian dalam mengambil keputusan dan keberanian untuk menjalankannya dengan segala resiko yang ada.
 
Rela Berkorban
Sikap rela berkorban mendasari sikap kepemimpinan. Pemimpin yang rela berkorban menandakan bahwa dia seorang yang ringan tangan, suka membantu orang yang sedang kesusahan tanpa memandang kasta atau jabatan dari orang yang dibantunya. Pemimpin yang seperti ini dapat memberikan contoh dan menjadi panutan yang baik bagi teman kerjanya atau bawahannya.
 
Berusaha keras dan pantang menyerah
Dalam melakukan sesuatu dan menghadapi suatu masalah atau suatu pekerjaan , kita harus berusaha keras melakukannya dan pantang menyerah agar masalah yang kita hadapi dapat selesai dan tujuan yang kita inginkan dapat tercapai.
 
Sungguh-sungguh
Untuk mencapai apa yang kita inginkan, kita harus mengerjakannya dengan sungguh-sungguh dan sekuat tenaga kita. Karena jika kita melakukannya dengan setengah hati, maka semua usaha yang kita lakukan akan sia-sia dengan hasil yang tidak maksimal.
 
Kerjasama
Di dalam suatu tim, kerja sama menjadi kunci utama untuk keberhasilan bersama. Kerja suatu tim akan menjadi kacau jika tidak ada kerjasama di antara anggotanya dan sulit untuk mencapai keberhasilan yang diharapkan. Masalah yang berat akan cepat selesai jika dikerjakan bersama-sama.
Seorang pemimpin harus mampu bekerja sama dalam suatu kelompok karena seorang pemimpin yang hebat akan lebih sempurna bila didukung team yang kuat
 
Sabar
Dengan segala usaha dan kerja keras yang sudah maksimal, diperlukan kesabaran dalam usaha dan kerja keras tersebut.
Sikap kepemimpinan harus dimiliki oleh setiap orang baik laki-laki, wanita, anak kecil, dan dewasa. Terutama untuk memimpin diri kita sendiri.
 
TERIMA KASIH

Contact Form

Name

Email *

Message *