Total Pageviews

Friday, 27 January 2012

Cara Membuat Template Melalui Template Designer


Blogger Template designer merupakan layanan yang disediakan Blogger (Blogspot). Fitur baru yang canggih ini dapat dengan mudah digunakan untuk membuat tampilan templatenya sendiri, bahkan  bagi pengguna pemula sekalipun. Dengan adanya fasilitas ini, pengguna dapat dengan mudah mengekspresikan blognya dengan tampilan dan desain yang dikehendaki.
Untuk dapat menggunakan Blogger Template Designer, berikut ini langkah-langkahnya :
1. Masuklah ke dalam menu Design pada akun Blogspot milik Anda, setelah itu masuk ke dalam Template Designer dengan cara mengklik opsi Template Designer.
2. Setelah itu Anda akan dibawa masuk ke dalam halaman untuk membuat tampilan template menggunakan Template Designer. Ada empat editor template yang bisa Anda gunakan, yaitu :
·         Template : digunakan untuk mendesain tipe dan jenis tampilan template.
·         Background : digunakan untuk mendesain warna atau tampilan latar Blog.
·         Layout : digunakan untuk mengatur jumlah kolom serta letak kolom layout yang ada di dalam blogspot.
·         Advance : digunakan untuk melakukan perubahan/desain font dari segi jenis font, warna, dan latar belakang.
3. Ketika menggunkan Template Designer, Anda dapat langsung malihat tampilan Preview yang ada di bawahnya. Dengan begitu ketika Anda mendesain, dapat langsung melihat hasilnya pada bagian bawah Template Designer.
4. Pertama kali, Anda dapat membuat bagian template. Pada bagian template ini, Anda dapat memilih tipe template apakah Simple, picture windows, awesome inc, atau lainnya. Anda dapat mengklik pada bagian template yang Anda kehendaki. Setelah itu Anda dapat memilih jenis dari template yang ada di bawahnya dengan cara mengklik pula. Sedangkan pada bagian Line in Blog merupakan tampilan template Anda sebelum mengalami perubahan (awal).
5. Selanjutnya manentukan background. Pertama Anda klik opsi Background yang ada di sisi kiri Template Designer. Setelah itu Anda dapat memilih Background untuk tampilan Blogsopt Anda. Pilih backgroud sesuai dengan tema blog yang Anda buat. Setelah selesai memilih, klik Done.
6. Jika Anda mempunyai background sendiri, Anda dapat menggunkannya sebagai backgroud blogspot milik Anda. Caranya klik tombol Upload Image pada halaman pemilihan background. Kemudian klik Browse untuk mencari letak background yang Anda simpan di dalam komputer. Setelah mendapatkannya, klik Open untuk menampilkan ke dalam pemilihan background pada Template Designer.
7. Jika gambar sudah masuk, maka akan ditampilkan di dalam Thumbnail yang adadi Template Designer. Jika sudah, klik Done untuk menyimpan hasil perubahan.
8. Setelah selesai, Anda dapat mengatur pada bagian Alignment, maupun tile pada gambar Background. Anda dapat sesekali melihat tampilan preview blog yang ada di bawah Template Designer.
9. Langkah selanjutnya bagian ini cukup penting juga, yaitu membuat dan mengatur layout. Layout ini untuk menentukan kolom yang ada di dalam blogspot. Pada tahap ini Anda dapat melakukan pengaturan untuk Body Layout, Footer Layout, dan Adjust Layout.
10 Pada bagian pertama, Body Layout merupakan bagian untuk kolom yang ada di dalam body template. Pada saat pengaturan bagian ini Anda diminta memilih style body layout sesuai  dengan kebutuhan Anda. Pada bagian Preview dalam pengaturan ini akan ditampilkan Page elements yang ada di blogspot. Page Elements tersebut akan sesuai menurut body layout yang Anda pilih.
11. Untuk memilih tampilan Layout Body sesuai dengan pilihan Anda, klik salah satu pilihan pada Body Layout.
12. Setelah memilih Layout Body, Anda dapat memilih Footer Layout. Klik pilihan Footer Layout, kemudian pilih salah satu style untuk blog Anda. Desain Footer Layout ini juga mempengaruhi latak dan ukuran di dalam Page Element, sehingga Anda nantinya akan bisa menambahkan widget ke dalam bagian footer.
13. Setelah selesai memilih Footer Layout, Anda dapat memilih Adjust Width. Adjust Width berfungsi untuk mengatur lebar body layout pada sidebar. Anda hanya menggeser ke keri dan kanan pada tool yang telah disediakan untuk mengatur lebar dari keseluruhan blog dan sidebar.
14. Pada saat mengatur ukuran lebar Entire blog  dan sidebar, maka di dalam peview langsung ditampilkan, sehingga Anda dapat dengan mudah mengetahui perubahan  yang sedang Anda lakukan. Pada bagian Entire Post, Anda dapat memperlebar atau memperkacil bagian tersebut dengan menarik tool ke kanan dan ke kiri. Ke kiri ( min = kecil ) dan Ke kanan ( max = besar ).
15. Untuk mengatur bagian sidebar, caranya sama pada saat Anda mengatur bagian kolom postingan.
16. Jika Anda kurang cocok dengan pengaturan untuk Adjust layouts, Anda dapat kembali ke dalam setingan ukuran awal dengan cara mengklik pada link Reset width to template default, maka ukuran lebar dari kolom akan kembali ke semula (normal).
17. Selanjutnya untuk pengaturan lainnya, yaitu mengatur font yang ada di dalam blogspot. Anda dapat mengatur bagian font page, Link, Blog Title, dan lainnya.
18. Jika Anda mengatur font pada opsi Advance, maka pada preview akan langsung ditampilkan perubahan di dalamnya.
19 Jika semua pengaturan sudah dilakukan, maka Anda dapat menyimpan hasil perubahan dengan cara mengklik pada tombol Apply to Blog yang ada pada bagia pojok kanan atas.
20. Jika telah usai, maka Anda dapat melihat hasil perubahan template pada blogspot Anda. Dengan demikian Anda telah memiliki blog baru dengan tampilan template buatan sendiri.
Terima kasih telah Membaca...
Sumber :
Adi, Arista Prasetyo dan Ridwan Sanjaya.2010.Trik Rahasia Desain Blog untuk Cari Duit.Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Contact Form

Name

Email *

Message *