Total Pageviews

Tuesday, 17 January 2012

Cara Membuat Blog

Blog merupakan salah satu media di dunia maya untuk para penulis ataupun para pengguna internet yang hobi menuangkan ide pikiran atau apapun yang mereka tulis dan diketahui oleh banyak orang. Jadi jangan nulis di blog kalau gak mau di baca sama orang lain. Banyak juga para pengguna internet yang memanfaatkan blognya selain sebagai tempat mereka nulis, tapi juga tempat mereka berbisnis internet.
Nah, banyak orang yang suka nulis atau sekedar baca-baca aja blog-blog orang di internet, tapi gak tau caranya bikin blog. Yaaaaahhh,, di internet apa sih yang gak bisa, yang gak tau bisa jadi tau , bahkan yang gak ngerti komputer sama sekalipun bisa jadi pinterrrr Cuma gara-gara internet. 

Gini ni caranya bikin blog.......Untuk tahap awal, tak apalah bila menggunakan blog gratisan. Ada cukup banyak tawaran blog gratis yang bisa Anda manfaatkan. Sayangnya tidak semua blog gratis tersebut mengizinkan Anda untuk coba-coba mencari duit di blog yang mereka sediakan. Untuk itu saya merekomendasikan Blogger.com sebagai tempat Anda menciptakan blog. Blogger atau lebih umum dikenal sebagai blogspot memungkinkan Anda untuk menciptakan puluhan atau bahkan ratusan blog secara Cuma-Cuma. Enaknya lagi, blog yang dibangun di blogspot relatif cepat terindeks di mesin pencari Google.Blogspot  termasuk blog gratis yang paling banyak dipakai orang saat ini, untuk itu beruntunglah Anda kerena di Internet Anda bisa menemukan ribuan template blogspot yang keren-keren yang bisa Anda pakai sesuka hati. Sudah tidak sabar untuk membuat blog ?? Ini dia langkah-langkahnya :Mendaftar di Blogger.com. Tak susah membuat blog di blogger. Modal yang dibutuhkan hanyalah sebuah alamat email, yang gratisan pun tak apa. Namun andai Anda belum memiliki satu pun akun email, berikut ini saya akan pandu Anda membuat sebuah akun email gratisan dari Gmail.com. Mengapa Gmail.com ? Ya, asal tahu saja, Gmail.com memiliki beberapa kelebihan, yakni :
1.       Dimiliki oleh Google salah satu raksasa pengusaha dunia internet sehingga ketangguhannya tidak perlu diragukan.
2.       Mampu memfilter SPAM alias email-email yang tidak dikehendaki.
3.       Kapasitas yang diberikan sangat memadai, jadi Anda tak perlu repot-repot menghapus email lama.

Oke, Nah sekarang ikuti tahap-tahap membuat email di dalam Gmail.com
1.       Masuklah ke situs Gmail.com
2.       Seperti registrasi online lainnya, klik tombol Sign up for gmail 
3.       Jangan mengeluh bila kemudian muncul formulir isian. Isi saja selengkapnya. Paling juga tak lebih dari 2 menit. Bila Anda punya cukup waktu, bacalah Google terms and Service.
4.       Pastikan Anda menekan tombol  I accept. Create my account. 
5.       Congratulation! Akun Google mail Anda sudah siap digunakan. 
Tengoklah surat pertama dari Google yang dikirimkan khusus untuk Anda. Kini saatnya memanfaatkan akun email Anda untuk mendaftar di blogger.com. Yakinlah, mendaftar di blogger sangat mudah karena Anda akan dituntun menggunakan bahasa Indonesia. Siap ? Ayo ikuti langkah-langkah berikut ini :
1.       Klik situs Blogger.com untuk masuk ke Blogspot
2.       Perhatikan, saat pertama masuk ke situs ini Anda akan disambut dengan ajakan Ciptakan Blog Anda. Kini saatnya Anda untuk menuliskan username dengan menggunakan akun email dari Gmail. Jangan lupa tuliskan juga password akun email Anda secara benar. Klik tombol  Ciptakan blog Anda  untuk melangkah ke tahap berikutnya.
3.       Halaman registrasi yang muncul sesudahnya  adalah mendaftar untuk blogger. Ketikkan nama keren Anda pada bagian nama tampilan. Tentu saja Anda tidak dilarang menggunakan nama alias. 
4.       Beri tanda contreng pada bagian “Saya menerima persyaratan layanan “. 
5.       Arahkan mouse Anda dan klik tanda panah bertuliskan Lanjutkan. 

Tahap pertama sudah Anda lalui dengan gampang. Kini saatnya untuk menamai blog Anda ! 
Ketikkan nama blog Anda dan alamat URL blog Anda. 
Gunakan judul yang singkat, mudah diingat namun relevan dengan topik blog Anda. Oh ya, bila ternyata alamat URL yang Anda tuliskan belum pernah dipakai orang lain, maka blogspot akan memberi tahu Anda dengan pernyataan alamat blog ini tersedia. 
Asyik!Klik tanda panah bertuliskan  Lanjutkan untuk masuk ke tahap regstrasi yang terakhir, yaitu memilih template. 
Pilihlah template blogspot yang tersaji di halaman Anda. Tak usah risau, andai tak satu pun template yang muncul  tidak berkesan buat Anda. Klik saja salah satu, kapan pun Anda mau, Anda bisa mengubah template Anda. tak usah lama-lama, akhiri pemilihan template dengan menekan tombol Lanjutkan. Yap! Blog impian Anda sudah menjadi kenyataan. Tunggu apa lagi? Klik tombol Mulai Blogging untuk menuliskan artikel pertama Anda. Tombol-tombol setting teks mirip sekali dengan tombol yang ada di Microsoft Word. Tak sabar untuk melihat wajah blog pertama Anda? Klik tab  Lihat Blog di bagian atas. Blog Anda pun tampil dengan manisnya.Semoga Bermanfaat...
Terima kasih

Contact Form

Name

Email *

Message *